Selasa, 26 Februari 2013

Peneliti Higgs Boson: Alam Semesta Alternatif akan Muncul, Membesar, dan Menghancurkan Kita


Jika dikonfirmasi, penemuan Higgs Boson yang sukar dipahami akan membantu menyelesaikan teka-teki kunci tentang bagaimana alam semesta muncul sekitar 13,7 miliar tahun lalu – dan mungkin nasib akhirnya.
"Mungkin alam semesta yang kita tempati tidak stabil."

“Mungkin alam semesta yang kita tempati tidak stabil dan suatu saat miliaran tahun dari sekarang mungkin semuanya akan musnah. Perhitungan ini memberitahu kita bahwa puluhan miliaran tahun dari sekarang, akan ada bencana.” kata Joseph Lykken, seorang ahli fisika teoritis dari Fermi National Accelerator Laboratory, yang juga di tim sains di Eropa Large Hadron Collider, atau LHC, akselerator partikel terbesar dan terkuat dunia.
“Sebuah gelembung kecil yang bisa kita sebut sebagai alam semesta ‘alternatif’ akan muncul di suatu tempat dan kemudian akan membesar dan menghancurkan kita,” kata Lykken, ia juga menambahkan bahwa kejadian tersebut akan terjadi dengan kecepatan cahaya.
Lykken berbicara kepada wartawan sebelum menyajikan penelitiannya pada pertemuan American Association for the Advancement of Science di Boston.
Para ilmuwan telah bergulat dengan ide stabilitas jangka panjang alam semesta sebelum penemuan Higgs, namun menurut perhitungan yang telah dibuat, begitu massa mulai menetap di sekitar 126 miliar elektron volt maka angka tersebut menjadi angka penting untuk mengetahui bagaimana nasib alam semesta kelak, yang mana ilmuwan harus mengetahui massa Higgs sampai satu persen, sebagaimana halnya mengetahui secara tepat massa partikel subatomik lainnya.
“Kita mengubah salah satu parameter ke Model Standar (fisika partikel) sedikit saja dan kita mendapatkan akhir yang berbeda dari alam semesta,” kata Lyyken.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar